ShoutMix chat widget

Disclaimer !

MOST OF APPLICATION IN THIS BLOG IS UNSIGNED, SO IF YOU WANT TO USE PLEASE SIGNED THE APPLICATION, READ HERE
ALL OF DOWNLOAD LINK AT THE END OF ARTICLE, SO IF YOU WANT TO DOWNLOAD THE APPLICATION, FIND THE DOWNLOAD LINK AT THE END OF ARTICLE

Minggu, 20 Desember 2009

Manfaat Blewah


Setelah seharian terpapar sinar matahari, hal yang paling menyenangkan adalah mengonsumsi makanan atau minuman segar. Buah-buahan, misalnya. Di antara sekian jenis buah, blewah pilihannya.

Menurut Rr Harudiyati, ahli gizi dari RSU dr Soetomo Surabaya, salah satu manfaat blewah adalah mengganti cairan tubuh. Selain itu, blewah merupakan isotonik alami. Karena itu, buah tersebut sangat cocok dikonsumsi setelah berolahraga ataupun ketika melakukan perjalanan. “Selain itu, cocok bagi orang yang berbuka puasa,”. “Air merupakan kandungan yang paling mendominasi. Karena itu, tidak heran jika buah ini cocok digunakan untuk mengganti cairan tubuh,”.

Umumnya, buah berwana jingga dengan bercak kehijauan tersebut dikonsumsi dengan es plus sirup. Belum lagi jika ditambah kolang-kaling dan cincau. Maka, kandungan isotonik alaminya akan semakin bertambah. “Agar tidak mengalami radang tenggorokan, ada baiknya menggunakan gula asli,”.

Selain di jadikan es blewah, buah yang berwama jingga tersebut nikmat jika langsung dikonsumsi. “Jika sudah dipotong, blewah hanya bertahan sehari. Kalau masih ditutup rapat, bisa bertahan hingga tiga hari,”.

Blewah memiliki kandungan fruktosa dan glukosa, gula buah sederhana yang cepat diserap tubuh sehingga bisa memberikan energi instan. Kalsium di dalam blewah termasuk tinggi, demikian juga dengan kandungan vitamin A. Baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mata.
Betakaroten di dalam blewah bersifat antioksidan, manfaatnya melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Sedangkan vitamin C di dalam blewah berfungsi sebagai anti bakteri dan anti virus, bermanfaat meningkatkan setamina sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Sementara tingginya kalium di dalam blewah mampu mengendalikan tekanan darah, cocok bagi penderitaa hipertensi. Sementara serat yang tinggi mencegah tubuh dari serangan kanker kolon dan juga dapat mengganti cairan tubuh yang hilang. Blewah juga memiliki indeks glikemik yang rendah, aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, obesitas dan cocok bagi orang yang berbuka puasa. Setiap 100 g blewah mengandung, energi 34 kkal, protein 0.84 g, serat 0.9 g, gula 7,86 g, kalsium 9 mg, vitamin C 36,7 mg, vitamin A 3.382 IU dan vitamin E 0.05 mg.

selain itu, blewah juga bisa menyembuhkan radang usus.


(gabungan dari beberapa blog)

0 comments:

Posting Komentar